Jumat, 05 Mei 2017

Struktur Teks Diskusi "Dampak Ojek Online bagi Masyarakat"

Struktur Teks
Isi
Isu
        Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang serba canggih, beberapa orang melakukan inovasi yang menyangkut teknologi dan transportasi umum. Salah satunya berkaitan dengan ojek. Inovasi yang diciptakan adalah ojek sepeda motor berbasis aplikasi online.
        Ojek online adalah layanan transportasi ojek yang dapat kita akses melalui gadget ataupun smartphone kita. Setiap pengguna transportasi ojek online kini dapat membuka aplikasi khusus ojek online di gadget atau smartphone pengguna untuk dapat terhubung atau mengakses ojek online. Ojek online dapat melayani berbagai macam pelayanan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggannya.
        Kehadiran ojek online ini tentu memicu reaksi dari berbagai lapisan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan layanan ojek. Seperti pengguna ojek ataupun pengendara ojek konvensional.

Argumentasi Mendukung
        Meskipun memiliki kekurangan, terdapat kelebihan yang  diberikan oleh ojek online yaitu dengan adanya website yang dapat dilakukan secara online jadi tidak perlu repot- repot keluar rumah, pengguna cukup sediakan internet yang cepat dan keinginan untuk menggunakan jasa pelayan dari ojek online dapat segera di aplikasikan. Ojek online juga memberikan ketepatan waktu yang begitu penting di zaman ini.
        Manfaat ojek online yang paling terasa di masyarakat  adalah mengaksesnya yang mudah karena bisa di lakukan secara online di rumah atau di manapun pemesan berada, pemesan tidak perlu  repot repot untuk melakukannya di bandingkan tidak dengan online.
        Ojek online juga praktis digunakan untuk mengirimkan barang ke teman lama ataupun untuk mejemput anda yang terkena macet di suatu jalan di kota besar seperti  Kota Malang. Manfaat lain dari ojek online yang diberikan juga adalah kemudahan bagi para pelanggan. Bagi yang pernah menggunakan jasa pelayanan ojek online maka kita akan merasakan kemudahan yang di berikannya.
        Kesuksesan ojek online menjadi bisnis yang terdepan, karena kecepatan perusahaan ojek online merilis fitur-fitur baru membuat mereka mampu memecahkan banyak masalah yang dihadapi masyarakat urban. Hingga saat ini, selain layanan pengantaran orang dan mengirim barang, ojek online juga sudah mempunyai layanan pengantaran makanan, jasa kurir, pengantaran belanja, pengantaran barang berukuran besar, pembersihan rumah, pijat, kecantikan, dan pendeteksi lokasi Busway.

        Ojek online ini diperlukan untuk mengantarkan kita dengan cepat sampai di tujuan. Jika kita ingin mengirimkan barangpun pengguna dapat menggunakan jasa pelayanan ojek online ini agar barang cepat sampai ke alamat tujuan.          
        Perusahaan Ojek Online juga membuka lapangan kerja untuk masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapat penghasilan lebih. Dampak negatif dari hadirnya Ojek Online adalah bagi para Ojek Konvensional, layanan ini membuat penghasilan mereka lebih sedikit.
       Ojek online juga memiliki perlindungan keamanan yang lengkap. Tidak hanya bagi para pengendara tapi para penumpang juga di beri kelengkapan keamanan yang baik untuk keamanan saat berkendara. Pengguna juga akan diberi helm untuk melindungi kepalanya saat naik ojek online untuk mengantar  ke tempat tujuan.
        

Argumentasi Menentang
        Namun, tidak sedikit pula  pengaruh negatif dari ojek online. Berikut ini pengaruh negatif dari ojek online.
Beberapa pengguna sering mengalami server error pada beberapa aplikasi ojek online yang terjadi saat melakukan pemesanan karena jaringan yang bermasalah. Hal ini wajar terjadi karena banyak pemesan yang ingin menggunakan transportasi online tersebut. Penumpang juga tidak bisa pindah tujuan karena pengemudi akan mengantar kita di tempat yang telah dipesan sebelumnya dan tidak bisa mengubah tujuan sesuka hati.
         Tarif yang ditawarkan oleh ojek online relatif mahal
daripada angkutan umum pada umumnya, biasanya tarif yang ditawarkan angkutan umum untuk pelajar sekitar Rp. 2.000-Rp. 2.500 jarak jauh maupun dekat. Sedangkan ojek online, menawarkan tarif Rp. 2.000 per kilometer untuk pelajar maupun orang awam. Hal ini dapat membuat masyarakat menjadi bingung untuk menggunakan fasilitas transportasi berupa angkutan umum atau menggunakan ojek online.
        Meskipun menuai banyak sanjungan, bukan berarti layanan ojek profesional seperti GoJek tak mendapat hambatan sama sekali. Belum lama ini ada kasus rider Go-Jek meminta konsumen untuk membatalkan pesanan karena ancaman tukang ojek pangkalan sekitar. Melihat hal ini, wajar jika kini masyarakat banyak yang beranggapan bahwa para tukang ojek konvensional mulai gerah dengan kehadiran layanan ojek profesional seperti Go-Jek dan sejenisnya, karena merasa dirugikan dengan  berkurangnya penghasilan para ojek konvensional.
        Dengan adanya ojek online ini menjadikan supir angkutan umum juga merasa dirugikan karena penghasilannya berkurang. Hal ini meyebabkan banyak supir angkutan umum melakukan demo yang membuat warga menjadi resah.

        Saat ini, para penyedia jasa ojek profesional memiliki tantangan yang cukup berat. Selain harus dapat memenangkan hati masyarakat, mereka juga harus dapat memenangkan hati para tukang ojek konvensional untuk bergabung. Jika tidak bisa menjalankan keduanya, bukan hanya kepercayaan masyarakat yang hilang, tapi juga kepercayaan dari para pelaku sistem lama untuk bergabung.
Simpulan
        Dari hasil kerja kelompok kami, dapat disimpulkan bahwa Ojek Online sangat berpengaruh pada setiap lapisan masyarakat, baik penumpang maupun pengendara, serta pengendara Ojek Konvensional. Dengan kehadiran ojek online berbasis aplikasi di Indonesia menghadirkan berbagai macam polemik dan pandangan dari setiap orang. Pengendara Ojek Konvensional sebagian besar merasa dirugikan dengan hadirnya Ojek Online. Mereka tidak memiliki keinginan untuk ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online. Sedangkan para pengendara Ojek Online sangat berguna untuk masyarakat dan mereka pun mendapat keuntungan yang lebih banyak.
        Seharusnya pemerintah mengadakan  musyawarah antara pengemudi ojek online dengan pengemudi ojek konvesional. Bagi masyarakat, sebaiknya tidak selalu menggunakan Ojek Online agar bisa membagi rezeki untuk Ojek Konvensional. Bagi para pengemudi Ojek Konvensional, sebaiknya memiliki kemauan untuk mengikuti teknologi pada zaman ini. Jangan selalu menyalahkan teknologi yang berkembang. Sehingga bisa ikut bekerja dengan perusahaan Ojek Online.           
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Menonton Televisi bagi Remaja

     Dampak positif dari menonton televisi adalah sebagai berikut                       : 1.       Sebagai hiburan karenadengan me...