Senin, 17 April 2017

Teks Ulasan Novel 5 cm





Identitas Novel           : Novel  5cm
Judul Buku                 : 5cm
Penulis                        : Donny Dhirgantoro
Penerbit                      : PT.Grasindo
Kota tempat terbit      : Jakarta
Tahun terbit                : 2005
Tebal halaman            : 382 halaman

                         5 Mimpi 1 Harapan

Novel karya Donny Dhirgantoro ini merupakan novel best seller. 5 cm berisi kisah kisah yang inspirasional dan tentang persahabatan.Kisah yang ada di dalamnya dikemas dengan bahasa dan ide yang menarik sehingga membuat orang penasran dengan isinya. Penulisnya sendiri punya pengetahuan tentang lirik lagu,film,artis- artis dan orang terkenal lainnya yang membuat novel ini semakin menarik.          
Kisah dalam 5 cm ini diawali dari persahabatan lima orang sahabat yang menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Karena bosan bertemu setiap hari, mereka memutuskaan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh keyakinan,mimpi,cinta dan cita cita. Sebuah perjalanan menuju Gunung Semeru yang menggunakan prinsip 5 cm yang mereka percayai. Novel ini menceritakan ini banyak sekali nilai-nilai kehidupan dan memberi pesan kepada kita tentang arti dari persahabatan, cinta, kasih sayang, pengorbanan, nasionalisme, dan impian untuk masa depan.Lima orang sahabat itu terdiri dari Genta, Riani, Zafran, Ian, dan Arial.
5 cm mempunyai banyak kelebihan seperti menggunakan bahasa yang mudah dipahami, memiliki alur cerita yang runtut dan menarik. Cerita ini juga tidak hanya mengenai percintaan tetapi juga persahabatan, mimpi dan kasih sayang. Pesan moral yang disampaikan juga sangat menarik sehingga mampu membuat pembaca mengejar impiannya agar menjadi kenyataan.
Namun dengan segala kelebihan, buku ini mebuat pembaca sulit menangkap maksud pengarang, karena menggunakan bahas ayang begit kental dengan dunia music, kutiapan film mancanegara dan nama filsafat- filsafat Yunani Kuno membuat pembaca tidak mengerti dan menjadi sebagian pembaca malas untuk membacanya. Dalam novel ini sepertinya penulis ingin menunjukan dirinya daripada tokohnya.
Dengan menegesampingkan beberapa kekurangan, novel ini benar- benar dibutuhkan oleh semu orang di negeri nin. Novel ini memeberikan motivasi, semangat, dan mimpi bagi generasi muda yang patah semangat sehingga dapat menggugah kita untuk selalu berfikir ke depan dan memiliki ide-ide cemerlang. Selain itu, buku ini mengajarkan ketidakmungkinan yang dapat diwujudkan dengan kerja keras. Dan mengajarkan tentang persahabatan yang begitu erat dan patut ditiru oleh masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Menonton Televisi bagi Remaja

     Dampak positif dari menonton televisi adalah sebagai berikut                       : 1.       Sebagai hiburan karenadengan me...